Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH SURAT KERJASAMA DENGAN PUSKESMAS

Sekolah memiliki program pembinaan kesehatan yang ditawarkan oleh sekolah. Bentuk penyuluhan program kesehatan biasanya dibuat dalam bentuk organisasi seperti UKS, PMI dan PMR.

Unit Kesehatan Sekolah

UKS adalah singkatan dari Unit Kesehatan Sekolah dan telah ada di Hindia Belanda sejak zaman kolonial. UKS sendiri merupakan salah satu bentuk upaya untuk mendorong siswa agar lebih peka dan meningkatkan kebiasaan hidup bersih dan sehat
Selain itu, UKS juga digunakan sebagai upaya untuk membuat masyarakat lebih peka dan tanggap terhadap masalah kesehatan di masa mendatang.

Program Kemitraan atau Kerjasama

Dalam hal pelaksanaan program kesehatan sekolah, tentu saja otoritas sekolah bukan satu-satunya. Sekolah umumnya berusaha untuk memastikan bahwa siswa memiliki akses ke pengetahuan di luar sekolah. Terdapat beberapa program yang dapat mendukung kualitas dan kinerja siswa serta melaksanakan inisiatif kesehatan sekolah.
Beberapa dari mereka menjadi tuan rumah atau mengunjungi program pengajar berkunjung. Sekolah menjalin kemitraan atau kerjasama dalam melaksanakan kegiatan yang dapat mendukung dan meningkatkan pengetahuan siswa. Kemitraan atau kerjasama adalah suatu bentuk kegiatan kerja sama formal yang dilakukan oleh individu dengan tujuan tertentu, kelompok dengan kelompok, organisasi dengan organisasi, atau lembaga dengan lembaga.
Dengan bekerja sama dengan dinas kesehatan di luar sekolah, siswa mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru yang mungkin belum mereka dapatkan di sekolah. Begitu pula ketika sekolah bermitra dengan Puskesmas.

Pelayanan Puskesmas

Puskesmas sendiri merupakan organisasi yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan masyarakat secara menyeluruh, terpadu, merata dan terjangkau. Berperan aktif dalam komunitas kami untuk meningkatkan kualitas kesehatan, menggunakan kemajuan ilmu kesehatan yang didanai pemerintah, tanpa mengurangi kualitas layanan kepada komunitas kami.

Trias UKS

Pelaksanaan kemitraan antara sekolah yang digiatkan dengan puskesmas untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak usia sekolah. Kegiatan kemitraan antara sekolah dengan UKS biasa dikenal dengan Trias UKS atau Trias Usaha Kesehatan Sekolah. Program atau kegiatan kemitraan Trias UKS fokus pada pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan tingkat sekolah dan pembinaan kesehatan di lingkungan sekolah.
Kemitraan sekolah dengan Puskesmas menjadi satu. Kegiatan pendidikan dan layanan kesehatan terutama disediakan oleh pusat kesehatan. Namun, tergantung pada instrumen pemantauan, kegiatan pemantauan dilakukan secara bersama-sama.
Kegiatan konsultasi kesehatan dilakukan secara bersama-sama oleh mahasiswa peserta UKS di bawah arahan staf Puskesmas. Adanya kegiatan kemitraan antara sekolah dengan Puskesmas tentunya membawa manfaat bagi lembaga Puskesmas itu sendiri.
Puskesmas mendukung penuh kegiatan kesehatan yang diselenggarakan atau dilaksanakan oleh anggota UKS melalui kegiatan kemitraan atau Triad UKS untuk lebih menunjukkan semangat dan meningkatkan derajat kesehatan di lingkungan sekolah.

Penyuluhan Kesehatan dari Puskesmas

Penyuluhan atau pelatihan yang diberikan Puskesmas akan disesuaikan dengan kemampuan anggota UKS dengan memberikan pendidikan kesehatan di tingkat sekolah.
Konsultasi tersebut akan memperkenalkan langkah-langkah awal yang harus dilakukan dalam terapi cahaya, biasanya terkait dengan pertolongan pertama dan kinerja di sekolah, untuk mengenali gejala penyakit, efek dari penyakit tertentu, dan jika Anda mengetahui atau pernah mengalaminya. mengetahui tindakan lebih lanjut yang akan diambil.
Puskesmas memudahkan untuk mencari bibit unggul di bidang kesehatan. Puskesmas dapat melatih petugas kesehatan sekolah di masa depan.
Selain anjuran dari Puskesmas, kita tidak boleh melupakan bimbingan dari guru sekolah. Organisasi UKS tentunya memiliki beberapa guru yang bertugas mengawasi siswa yang tergabung dalam UKS
Guru berperan penting dalam menanamkan jiwa kesehatan dan kebersihan di lingkungan sekolah siswa, secara rutin memeriksa atau menginspeksi kebersihan siswa dan menerapkan tindakan kebersihan dasar di lingkungan sekolah.

Contoh Surat Kerjasama dengan Puskesmas

CONTOH SURAT KERJASAMA DENGAN PUSKESMAS


Demikian ringkasan kerjasama dengan puskesmas berikut contoh surat kerjasama bisa di unduh di sini