Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH SK PENGURUS BARANG DI SEKOLAH


CONTOH SK PENGURUS BARANG DI SEKOLAH

Di kesempatan kali ini, kami coba bagikan contoh SK pengurus barang di sekolah. Adapun pengertian dari aset itu sendiri adalah semua sumber ekonomi atau kekayaan yang dimiliki oleh entitas yang diharapkan dapat memberikan manfaat usaha di masa depan. Jadi kalau aset di sekolah itu semua barang yang ada di lingkungan sekolah yang penggunaannya dalam jangka waktu lama.
Pengurus barang di sekolah bertanggungjawab melaksanakan tugas untuk mengurus barang sekolah melalu proses operasional yang ada di sekolah, antara lain :

1.     Mencatat secara tertib dan teratur seluruh barang milik daerah yang berada di Sekolah yang berasal dari APBD dan Non APBD maupun perolehan lain yang sah ke dalam Kartu Inventaris (KIB), kartu Inventaris Ruangan (KIR), Buku Inventaris (BI), dan Buku Induk Inventaris (Bll), sesuai kodefikasi dan penggolongan barang milik daerah.

2. Melakukan pencatatan barang milik daerah yang dipelihara/ diperbaiki ke dalam kartu pemeliharaan.

3.   Menghimpun seluruh tanda bukti penerimaan barang dan pengeluaran/ penyerahan secara tertib dan teratur sehingga memudahkan mencarinya apabila diperlukan sewaktu-waktu terutama dalam hubungan dengan pengawasan barang.

4. Menghimpun dan menyimpan bukti dokumen pengeluaran kas atas pembelian/ pengadaan barang milik daerah dan barang habis pakai.

5.   Menyiapkan usulan penghapusan barang milik daerah yang rusak atau tidak dipergunakan lagi,

6. Memeriksa dan menerima barang hasil pengadaan,perolehan dan mutasi barang,

7. Turut serta dalam kepanitiaan pengadaan dan rehabilitasi sekolah baik pembiayaan APBD maupun Non APBD.

8.     Mengkoordinasi dan melaksanakan kegiatan Sensus Barang Sekolah.

Silahkan download SK Pengurus Barang Inventaris/Aset di Sekolah pada tautan berikut :

SK Pengurus Barang | Download