Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH SURAT KERJASAMA DENGAN KEPOLISIAN

CONTOH SURAT KERJASAMA DENGAN KEPOLISIAN
Berikut adalah contoh kerjasama antara pihak sekolah sebagai pihak pertama dengan pihak kepolisian khususnya Polsek atau Polsek setempat. Tujuan kerjasama atau letter of intent ini adalah untuk mempererat kerjasama antar aparat di lingkungan sekolah demi kelancaran program khususnya dalam ilmu pengaturan lalu lintas, larangan penggunaan obat-obatan terlarang dan keamanan lingkungan, buat sesuai tujuan kerjasama/MoU.
Pada hakekatnya, suatu kerjasama atau MoU merupakan suatu dokumen hukum karena isi yang terkandung didalamnya menggambarkan kesepakatan sementara antara kedua belah pihak dan menjadi dasar lahirnya MoU dan perjanjian/kontrak yang akan datang.
Kerjasama ini merupakan letter of intent atau surat niat. MoU umumnya diambil sebagai langkah pertama menuju kesepakatan kerja sama atau lebih mengikat antara kedua pihak. Namun, dia menekankan bahwa:

1.      Keamanan Sekolah;

2.      Pembinaan Narkoba;

3.      Pelecehan Sexsual;

4.      Pemerasan;

5.   Bullyng

6.      Kekerasan, dan

7.      Pembinaan lainnya

Maksud dan Tujuan

  1. Kedua belah pihak menyepakati kerjasama reguler di bidang keamanan sekolah dan lingkungan
  2. Kedua belah pihak sepakat untuk bekerja sama memberikan pengetahuan tentang peraturan lalu lintas dan kejahatan lainnya

Hak dan Kewajiban 

Masing-masing pihak memiliki hak dan kewajiban sebagai berikut:
Tugas sekolah antara lain:
  1. Secara berkala melaporkan keamanan sekolah dan sekitarnya kepada polisi.
  2. Menyediakan waktu dan ruang bagi polisi untuk mempublikasikan dan memberi nasihat tentang peraturan lalu lintas dan kejahatan lainnya.
Tugas kepolisian antara lain:
  1. Penyediaan layanan keamanan lingkungan secara teratur ke sekolah dan sekolah
  2. Memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada sekolah-sekolah tentang peraturan lalu lintas dan hal-hal lain yang berkaitan dengan masalah kriminalitas.

Ketentuan Tambahan

Segala sesuatu yang belum diketahui atau diatur dalam MoU ini disajikan dalam bentuk Adendum yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari MoU ini.

Penutup

Kerjasama ini dibuat rangkap dua dengan materai. Perjanjian ini juga digunakan sebagai bukti hukum yang mengikat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Unduh Surat Kerjasama dengan Kepolisian yang berada di kecamatan masing-masing, surat ini hanya contoh adapun uraian kegiatan yang tercantum di dalamnya bisa di atur dan di sesuaikan dengan keperluan, semoga bermanfaat