Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH PROGRAM KEGIATAN SOSIAL SEKOLAH

CONTOH PROGRAM KEGIATAN SOSIAL DI SEKOLAH 

CONTOH PROGRAM KEGIATAN SOSIAL SEKOLAH

Manusia pada hakekatnya adalah makhluk sosial, dan ketika berada dalam lingkungan sosial, mereka menjalankan perannya masing-masing. Perannya sesuai dengan kompetensinya. Kegiatan sosial biasanya melibatkan banyak orang dan tidak hanya kegiatan pribadi.

Kepedulian sosial diharapkan dapat mengembangkan sikap dan perilaku yang selalu bersedia membantu orang lain. Kita bisa mendapatkan kepedulian sosial melalui lingkungan. Perhatiannya bukan untuk mencampuri urusan orang lain, tetapi untuk menyelesaikannya demi kebaikan dan kedamaian. Nilai-nilai yang tertanam kemudian menjadi kesadaran kita untuk selalu membantu dan peduli terhadap sesama. Senang bersosialisasi dan membantu orang lain adalah ajaran universal dan didorong oleh beberapa agama. Namun kerawanan untuk melakukan semua itu membutuhkan proses latihan dan pendidikan, sehingga tidak mudah bagi setiap orang untuk berkembang. Kita manusia tidak bisa hidup sendiri di dunia ini, sehingga jiwa sosial terhadap sesama sangat penting bagi semua warga negara.

Pengertian

Kegiatan sosial adalah kegiatan yang dilakukan dengan orang lain, terutama di masyarakat. Setiap kegiatan sosial yang dilandasi oleh keinginan untuk mencapai tujuan bersama selalu melibatkan partisipasi masyarakat setempat.

Dalam pengertian lain, seseorang mempunyai keinginan untuk melakukan sesuatu yang mempunyai banyak kepentingan terhadap apa yang dikerjakan dan tidak ditujukan untuk keuntungan pribadi.berasal dari kata Sosial mengacu pada lingkungan masyarakat sekitar, sosial juga mengacu pada minat masyarakat untuk membantu dan bekerjasama. Kegiatan sosial cenderung menitikberatkan pada sesuatu yang melibatkan masyarakat dalam berbagai macam kegiatan.

Ciri-ciri Kegiatan Sosial

Kegiatan sosial memiliki beberapa karakteristik dan beberapa karakteristik tersebut tercantum di bawah ini

  1. akan saling membantu
  2. kepentingan umum
  3. ada orang yang bertanggung jawab
  4. bersihkan target aktivitas
  5. kegiatan melibatkan orang lain
  6. dibuat di lingkungan

Manfaat Kegiatan Sosial

Kegiatan sosial tidak hanya bermanfaat bagi target audiens, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi mereka yang melakukannya. Berikut beberapa manfaat tersebut :

  1. meningkatkan keterampilan komunikasi
  2. mengembangkan pengetahuan dan keterampilan
  3. membangun kepercayaan
  4. mengembangkan jaringan
  5. memperoleh pengalaman yang berharga
  6. memperoleh pengalaman yang berharga

Contoh Program Kegiatan Sosial

1.    Kegiatan Sosial di Lingkungan Rumah

Di dalam rumah terdiri dai keluarga yang harus saling menjaga kebersamaan dan rasa kekeluargaan dengan baik, maka dari itu, kerjasama yang dilakukan di rumah juga melibatkan seluruh anggota keluarga.
Kerjasama yang dilakukan di rumah ini bisa jadi suatu cerminan keluaga yang baik yang seperti ini adalah salah satu contoh keluarga yang rukun dan harmonis.
Setiap anggota keluarga yang ada di dalamnya bisa saling membantu saling menghormati, menghargai dan jugaa saling menyayangi satu sama lain. Jika kondisi ini bisa bisa berhasil diciptakan, maka keluarga menjadi hangat dan menjadi teman yang baik di rumah.
Sebagai salah satu anggota keluarga seorang anak adalah salah satu terpenting dari keluarga tetap harus bsisa berkeja sama dengan anggota lain.
Berbagai bentuk kerjasama yang bisa dilakukan di rumah bisa dengan membantu pekerjaan ayah dan ibu juga saudara lainya. Banyak hal yang tentu bisa dilakukan, berikut adalah beberapa contoh bekerja bersama dari rumah.

Melaksanakan Setiap Tugas Yang Telah Disepakati

Misalnya, lantai di rumah kita kotor dan setiap anggota keluarga harus bisa menyapu dan mengepel lantai agar tetap bersih. Ini berlaku untuk semua orang karena rumah adalah milik bersama dan harus diurus bersama. Oleh karena itu, setiap anggota keluarga bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan rumah. Anak yang terbiasa menyapu dan mengepel lantai juga bisa menentramkan hati orang tua.

Mengucapkan Kata-Kata Yang Sopan Dan Santun

Kepada keluarga saya, saya perlu berbicara dengan sopan, sopan, dan lemah dan lembut. Orang tua ke anak, anak ke orang tua, tidak masalah. Hal ini sangat perlu dilakukan karena cerminan keluarga sendiri bersumber dari apa yang dikatakan keluarga. Oleh karena itu, keluarga yang harmonis adalah keluarga yang menepati janjinya. Kelak jika anak meniru hal tersebut, maka ketika anak besar nanti, ia akan dengan mudah mengucapkan kata-kata yang sopan dan santun kepada orang lain, baik di masyarakat maupun di lingkungan kerja.

Berkata dengan Jujur

Tidak hanya berbicara dengan sopan dan santun, tetapi juga berbicara kebenaran adalah suatu keharusan bagi semua anggota keluarga. Jika Anda dapat melakukan ini, masalah akan lebih mudah ditemukan dan diperbaiki. Ketika seseorang di rumah menyembunyikan masalahnya, otomatis membuat bingung seluruh keluarga di rumah. Sebagai manusia, adalah baik untuk mengatakan yang sebenarnya, meskipun itu menyakitkan. Berkata jujur ​​membuat kita merasa lega, dan itu membuat kita bahagia karena tidak ada kebohongan.

Saling Berbagi

Berbagi juga diperlukan untuk keluarga di rumah. Jangan biarkan keluarga serakah di dalamnya. Ingat, keserakahan adalah sikap yang kejam!

Saat saya menonton TV, terkadang saya menonton saluran favorit saya dan di lain waktu saya menikmati saluran favorit keluarga saya. Karena semua itu pasti butuh hiburan. Begitu juga jika Anda memiliki lebih banyak makanan, Anda dapat membagikannya sehingga semua orang dapat menikmati satu sama lain, menciptakan rasa kedekatan dan solidaritas. merawat tanaman di sekitar rumah.

Pelihara Tanaman di Lingkungan Rumah

Tanaman di lingkungan rumah, atau sengaja ditanam, juga perlu dirawat dan dilihat bersama. Sebagai seorang anak, ia membantu orang tuanya menyirami tanaman di sekitar rumah agar nantinya seluruh keluarga dapat membagi pekerjaan di antara mereka sendiri. Tumbuhan adalah makhluk hidup seperti kita, jadi jangan abaikan mereka. Mereka tentu membutuhkan makanan dan perawatan untuk bereproduksi. Ketika itu terjadi, kepekaan manusia terhadap lingkungan menjadi tinggi, yang tentunya sangat dibutuhkan untuk masa depan

2.    Kerja Sama Lingkungan di Sekolah

Kerjasama diperlukan tidak hanya di lingkungan rumah yaitu di lingkungan rumah, tetapi juga di lingkungan sekolah. Kerjasama guru-siswa, guru-guru atau siswa-siswa untuk menciptakan suasana dan kondisi kegiatan belajar mengajar yang baik dan nyaman. Sebenarnya, berbuat baik itu mudah. Selama beramal baik, berilah niat terlebih dahulu dan jangan melepaskan tanggung jawab jika beramal tidak dilakukan.

Saling Membantu di Saat Kesulitan 

Jika Anda memiliki teman yang mengalami kesulitan dengan satu atau beberapa mata pelajaran, saya akan dengan senang hati membantu. Pengetahuan yang kita peroleh tidak berguna sampai kita menyebarkannya dan memberikannya kepada orang lain. Jika kita memberikan ilmu kepada orang lain, kita akan senang dan bahagia. Ini juga berbanding lurus. Karena selalu ada teman yang akan membantumu saat kamu dalam kesulitan. Jadi saya harap kita bisa terus saling membantu. Namun, jangan saling membantu dengan kejahatan. Misalnya menyontek, mengerjakan pekerjaan rumah bersama (PR), atau mengerjakan tugas individu secara bersama-sama tentu saja dilarang dan merupakan perbuatan tercela.

Membersihkan Ruang Kelas dan Lingkungan Sekolah

Kebersihan dan perawatan penting tidak hanya di lingkungan rumah, tetapi juga di ruang kelas dan sekolah. Kelas itu seperti kamar kita. Maka kita perlu terus merawat dan memupuknya agar nantinya dalam proses belajar mengajar menjadi lebih nyaman baik guru maupun siswa tidak berdebu dan masalah lainnya. B. Penyakit. Lihat apakah kelasnya kotor, apakah meja dan kursinya tidak rapi, apakah papan tulisnya tidak rapi. Semangat belajar kemudian merosot, dengan mengorbankan belajar yang optimal. Tidak hanya ruang kelas, tetapi juga sekolah harus diurus. Karena sekolah adalah sekolah tempat kita belajar dan merefleksikan apa yang ada. Sekolah sudah seperti rumah kedua bagi kami, oleh karena itu menjaga lingkungan sekolah sangatlah penting.

Mengerjakan Pekerjaan Rumah Dan Tugas Tepat Waktu

Selain itu, mengerjakan pekerjaan rumah dan pekerjaan rumah merupakan bentuk kerjasama yang baik. Masalahnya adalah ketika seorang guru memberikan tugas kepada siswa dan siswa tersebut menyelesaikan tugas tersebut, otomatis kerjasama antara guru dan siswa tersebut lancar dan berhasil. Tidak hanya itu, jika tugas selesai dengan baik tepat waktu dan dengan hasil yang maksimal juga menjadi acuan di kelas apakah siswa selalu memperhatikan guru saat menjelaskan pelajaran, sekaligus juga bermanfaat bagi siswa. siswa belajar dengan serius.


Belajar Kelompok

Pembelajaran kelompok tidak terlepas dari apa yang disebut kerjasama di lingkungan sekolah. Sama seperti nomor pertama, belajar kelompok memang mengajarkan untuk belajar bersama, sehingga semua anggota kelompok dapat memahami semua materi. Dengan belajar dalam kelompok ini, Anda akan berhasil menyelesaikan dan menangani tugas kelompok yang diberikan oleh guru Anda. Jika Anda melakukan semuanya bersama-sama, pasti akan mudah dan serius.

Ikuti Semua Aturan/Peraturan Yang Ada

Aturan dibuat untuk diikuti, bukan dilanggar. Tujuan kerjasama di lingkungan sekolah dengan sendirinya tercapai jika aturan yang dikembangkan dipraktikkan dan ditegakkan dengan baik oleh seluruh warga sekolah. Hal ini karena peraturan dibuat oleh guru dan harus dipatuhi oleh seluruh warga sekolah, terutama siswa. Jika berhasil menciptakan suasana sekolah yang aman dan tenteram, otomatis tujuan kerjasama tercapai. Jika salah satu warga sekolah melanggarnya, alangkah baiknya diperingatkan untuk tidak melanggarnya lagi.

3.    Kerja Sama di Lingkungan Masyarakat

Jika kita berhasil mempraktekkan kerjasama dari lingkungan terkecil rumah, kita dapat mengembangkan dan menerapkan kerjasama di lingkungan sekolah. Setelah lingkungan sekolah berhasil diterapkan, tetaplah positif dan majulah dalam komunitas Anda. Komunitas membuat kita lebih sadar akan arti sebenarnya dari kolaborasi. Langsung turun ke lapangan dan lihat apa yang terjadi. Anda juga bisa menahan diri agar tidak terstimulasi oleh emosi orang lain. Selain itu, sebagai anak muda dan remaja, kita memiliki kewajiban untuk menghormati semua orang di masyarakat, terutama mereka yang berada di atas kita. Sangat menyenangkan ketika kita bisa bersosialisasi di masyarakat. Mengapa? Itu juga dapat memberikan wawasan tentang keadaan komunitas yang ada dan menambah wawasan tentang apa yang dikatakan tentang komunitas yang tidak disediakan oleh rumah dan sekolah. Oleh karena itu, ketika kita berada di masyarakat, kita harus bisa bersikap dan berperilaku lebih dewasa. Berbicara tentang komunitas, bentuk kerjasama apa yang dimiliki oleh komunitas itu sendiri.

Ikut Serta Dalam Pengabdian Masyarakat Dalam Semua Kegiatan

Kegiatan yang biasa dilakukan adalah membersihkan desa sekitar dan membersihkan jalan-jalan yang ada. Mengingat lingkungan setempat juga merupakan lingkungan kita, maka penting untuk dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, seperti kegiatan harian, mingguan, atau bulanan. Yang kami dapatkan adalah rasa lelah, namun rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang dihasilkan tidak begitu besar. Hal itu mempererat hubungan antar warga sehingga menjadi kuat dan baik

Bergabunglah dengan Kegiatan Ronda

Untuk lebih menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar kita, Anda juga bisa mengikuti kegiatan ronda masyarakat setempat. Jika Anda bisa berpartisipasi, tentu akan sangat menyenangkan. Namun, jika Anda terlalu muda, Anda tidak harus berpartisipasi. Mendukung gerakan positif ini bagus. Kegiatan seperti Siskamling juga dapat menekan angka kriminalitas dan menciptakan lingkungan yang aman, damai dan sejahtera bagi masyarakat.

Saya Ingin Saling Membantu Ketika Terjadi Bencana

Jika kita memiliki orang lain atau warga sekitar, yaitu tetangga atau kerabat, kita wajib membantu dan membantu. Jika Anda tidak dapat membantunya, tidak apa-apa untuk meringankan bebannya. Ingatlah bahwa kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Percayalah, jika Anda membantu orang lain sekarang, mereka akan membantu Anda nanti saat bencana menimpa Anda juga berdampak positif pada Artinya, tidak ada kecemburuan sosial di antara masyarakat, karena ada peluang untuk membangun hubungan persahabatan dan meningkatkan rasa persatuan di antara penduduk setempat

Bekerja Sama Untuk Memecahkan Masalah

Jika warga yang tidak saling mengenal memiliki hubungan yang sulit, alangkah baiknya jika kita sebagai anggota masyarakat dapat berpartisipasi dalam menyampaikan pendapat kita tentang masalah yang ada. Bekerja sama dengan pengurus RT dan warga yang ada untuk meningkatkan kerukunan antar warga. Apabila masalah ini dapat diselesaikan dengan tuntas, maka akan tercipta kehidupan masyarakat yang sangat mudah dan rukun.

Bergaul Dengan Orang-Orang Baik

Di zaman modern ini dan pesatnya perkembangan teknologi, ternyata semangat kerja benar-benar merosot. Ini adalah tantangan untuk menemukan jalan Anda dengan teman dan penduduk. Tetaplah bersama orang-orang baik. Ini juga sebagai bentuk kerjasama untuk menciptakan lingkungan yang kondusif. Berkencan dengan seseorang boleh-boleh saja, tetapi jangan pernah meniru perilaku negatif orang lain. Karena kedengkian selalu ada dan tugas kitalah untuk mencegahnya. Ini adalah contoh program kegiatan sekolah yang melibatkan warga sekolah dan masyarakat sekitar. Semoga ini membantu


Unduh File Dokumen Program Kegiatan Sosial Sekolah 

Unduh Program Word

Unduh Format Excel